Rabu, 12 September 2012

Intel Hadirkan Teknologi Perintah Suara ke Ultrabook

Jakarta - Ultrabook, laptop super tipis yang digagas Intel diyakini akan membangkitkan industri PC yang belakangan dilaporkan lesu. Ultrabook akan segera dibekali teknologi baru, salah satunya adalah fitur perintah suara.

Intel akan memasukkan teknologi perintah suara Dragon buatan Nuance sebagai standar di ultrabook. Nantinya, user bisa memerintah PC melakukan berbagai fungsi cukup dengan suara. Komputer juga bisa merespons perintah dengan suara virtual, seperti fitur Siri di iPhone 4S.

"Layanan suara akan berjalan secara native di platform, jadi ini bukan layanan cloud. Hal ini mensyaratkan CPU berpeerforma tinggi di dalamnya, jadi kami bekerja sama dengan Nuance untuk menyesuaikannya," kata Dadi Perlmutter, Executive Vice President Intel.

Dalam demonstrasinya, Dragon mampu membantu user melakukan pencarian di Google, atau pencarian produk tertentu di Amazon. Selain itu juga mampu mengkonversi suara ke bentuk tulisan di Twitter. Meski suara pengguna tidak begitu jelas, Dragon diklaim cukup sensitif untuk mengenalinya.

Dikutip pendi zulpendi dari ITPro, Rabu (12/9/2012), versi Beta Dragon akan tersedia di ultrabook pada kuartal ketiga 2012. Sedangkan produksi versi finalnya akan diselesaikan pada kuartal 1 2013.

Selain fitur perintah suara, Intel juga akan membenamkan teknologi pembayaran virtual melalui chip NFC di ultrabook. Untuk menggelar layanan ini, mereka bekerjasama dengan MasterCard.

 

0 komentar:

Posting Komentar