Sabtu, 01 Desember 2012

Membangun WiFi HotSpot Sederhana Menggunakan Koneksi Telkom Speedy



Membangun WiFi HotSpot Sederhana Menggunakan Koneksi Telkom Speedy
Seperti judul artikel ini sekarang kita akan belajar membangun HotSpot kecil-kecilan menggunakan koneksi speedy. Di sini modal utama yang harus kita miliki adalah koneksi speedy dan satu buah modem wireless. Pada contoh ini saya menggunakan modem TP-Link TD-W8101G yang saya beli setahun yang lalu serta koneksi speedy paket Socialia dengan harga Rp sekian (Silahkan cari informasi sendiri ya harganya).
WiFi Internet Wireless Hotspot
Karena paket Socialia dari speedy hanya memberikan bonus modem ADSL biasa dan tanpa ada fitur Wireless, untuk itu anda harus membeli modem secara terpisah. Anda bisa memilih modem merek apa saja, yang penting memiliki fitur wireless access point. Berikut ini langkah-langkah untuk membanguns HotSpot Wireless.
Yang harus dilakukan pertama kali adalah menghidupkan modem. Berikut ini langkah-langkahnya:
  • Pasang power adaptor ke stop kontak listrik.
  • Pasang ujung konektor power supply ke modem Wireless.
  • Nayalakan modem dengan menekan tombol power.
  • Reset modem dengan cara tekan bagian belakang modem dengan menggunakan jarum (Atau benda lain yang sejenis) selama kurang lebih 3 detik. Hal ini diperuntukan agar modem kembali restart ke kondisi semula.
  • Pasang konektor kabel telp ke modem.
Selanjutnya kita akan mulai untuk setting modem. Untuk setting pertama kali, anda bisa setting menggunakan kabel LAN dengan mengkoneksikannya ke komputer/laptop atau anda bisa menggunakan Wireless secara lansung. Jika menggunakan Wireless, anda harus mengkoneksikannya terlebih dahulu ke Accent point dari modem tersebut. Pastikan kabel telp sudah tersambung dengan modem.
Untuk setting ikuti petunjuk berikut ini:
  • Nyalakan komputer dan buka web browser.
  • Akses dengan mengetikkan IP Address dari modem yaitu 192.168.1.1 (IP Address ini adalah IP Address default dari modem TP-Link TD-W8101G dan mungkin berbeda dari modem anda. Coba lihat di manual book dari modem).
  • Masukkan username admin dan password admin. Ini adalah password default dari modem anda. Mungkin user dan password ini akan berbeda dengan modem yang anda miliki. Coba lihatlah buku petunjuk.
    User dan Password Modem Speedy
  • Jika user dan password anda sudah benar, anda akan melihat tampilah seperti di bawah ini (Atau yang sejenis, tergantung modem yang anda gunakan).
    Setting WiFi modem Speedy
  • Selanjutnya setting speedy anda dengan mode Wizard untuk memudahkan anda.
  • Pada bagian ISP Connection Type, pilih PPPoE/PPPoA (Sesuai dari arhan pihak speedy).
    Tipe ISP Telkom Speedy 
  • Masukkan username dan password yang diberikan pihak speedy.
    Username dan password Speedy
  • Pilih salah satu jenis autentikasi dari Speedy.
    Jenis security dan password dari jarigan Hotspot Wireless
  • Selesai sudah, sekarang speedy anda sudah bisa digunakan untuk Wireless HotSpot sederhana.
Cukup mudah bukan? Dengan begini anda sudah mempunyai HotSpot sederhana yang bisa digunakan untuk koneksi internet secara bersama-sama. Anda bisa berbagi internet dengan yang lain tanpa harus ribet dengan koneksi melalui kabel menggunakan jaringan kabel LAN. Sebagai contoh, lihat gambar di bawah ini (Klik untuk memperbesar ukuran gambar).
Wireless Hotspot Access Point
Semoga artikel cara membangun hotspot sederhana menggunakan koneksi internet speedy telkom ini bisa bermanfaat untuk anda. Jika  anda punya kesulitan saat menggunakan speedy, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini. Jika kami bisa, kami siap membantu problem yang sedang anda hadapi.

3 komentar:

  1. mantab artikelnya...kunjungi juga link saya sempat bisa bermanfaat...
    http://calvintarrapa.blogspot.com/2014/03/sambut-brazil-2014.html

    BalasHapus
  2. Thanks infonya gan, sangat bermanfaat :D
    mampir di blog ane : http://abdeeneugara.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Manteeeep sob untuk artikelnya, sangat membantu :)
    http://pengobatanalamimustajab.com/obat-alami-ambeien/

    BalasHapus