Senin, 03 Desember 2012

Wifi Konek Ke Hotspot Tapi Tidak Bisa Akses Internet? Ini Langkah Mengeceknya



Wifi Konek Ke Hotspot Tapi Tidak Bisa Akses Internet? Ini Langkah Mengeceknya
Saat ini internet sudah menjadi sebuah kebutuhan yang penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Pemanfaatan internet untuk mencari informasi memang sangat memberikan kemudahan bagi kita. Sehingga koneksi internet merupakan hal yang wajib ada di manapun kita berada. Banyak tempat yang menyediakan Wifi hotspot secara gratis, sehingga kita bisa memanfaatkannya untuk mengakses internet.
Nah, kadang saat kita melakukan koneksi ke hotspot tersebut ditemui beberapa masalah, diantaranya adalah status dari Wifi di laptop kita menunjukkan sudah konek, tetapi kita tidak bisa browsing atau mengakses internet. Untuk mengetahui dimana letak kesalahannya, kita bisa melakukan langkah berikut ini.
1. Pastikan apakah ada tanda seru berwarna kuning di bagian systray 
Periksa apakah ada tanda seru di systray (pojok kanan bawah komputer) pada icon yang menunjukkan koneksi wireless di laptop. Jika ada segitiga berwarna kuning dengan tanda seru berarti kita sama sekali tidak bisa koneksi ke internet.
http://www.cintagadget.com/wp-content/uploads/2012/05/connect_to_network1-296x300.png
2. Setelah memastikan hal diatas, sekarang masuk ke Control Panel, kemudian pilih Network And Sharing Center.
Setelah itu klik pada Change adapter Setting. Lalu klik kanan pada Wireless Connection dan pilih Properties. Klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4). Setelah itu kita akan melihat sebuah window yang menampilkan detail IP address pada komputer kita. Jika pada detail tersebut masih terisi, kita tinggal pilih Obtain an IP address automatically. Setelah itu klik OK, lau OK lagi. Tunggu beberapa saat hingga kita mendapatkan IP address dari DHCP server hotspot. Perhatikan kembali icon wireless connection yang ada di bagian systray. Jika tanda seru sudah hilang berarti laptop kita sudah tersambung ke internet.
3. Jika langkah pada nomor 2 gagal, berarti ada masalah pada Wifi card laptop kita.
Biasanya yang sering terjadi adalah masalah dari driver hardware tersebut. Solusinya adalah dengan melihatnya di Device Manager. Klik kanan pada My Computer kemudian pilih Manage, kemudian pilih DeviceManager. Perhatikan pada bagian Network adapters, kemudian klik kanan pada hardware wifi di laptop kita, lalu klik Uninstal. Tidak perlu khawatir, karena saat terdeteksi oleh sistem driver secara otomatis akan terinstal kembali. Setelah itu klik kanan dan pilih Scan for hardware changes agar sistem mendeteksi dan menginstal ulang driver hardware wifi tersebut secara otomatis. Setelah selesai tutup Device Manager, kemudian konekkan kembali dengan hotspot wifi. Koneksi internet kita akan kembali normal.
http://www.cintagadget.com/wp-content/uploads/2012/05/DeviceMgr-NO-WIFI-Card.jpg

0 komentar:

Posting Komentar