Kamis, 08 November 2012

Cara Installasi PHP di lingkungan windows



Cara Installasi PHP di lingkungan windows
PHP ScriptPHP adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada komputer yang terinstall web server. Artinya semua baris program akan sepenuhnya dijalankan pada web server sedangkan yang dikirimkan ke browser pengguna hanya hasilnya saja. PHP awalnya dikembangkan pada lingkungan linux, tapi sekarang sudah bisa di lingkungan windows.
 PHP/FI merupakan nama awal dari PHP. Dibuat pertama kali oleh Rasmus Lerdoff. Awalnya merupakan program CGI yang dikhususkan untuk menerima input melalui form yang ditampilkan dalam web browser. PHP merupakan singkatan dari PHP-Hypertext Pre-processor.
PHP tidak bisa langsung kita jalankan dan lihat hasilnya secara langsung seperti halnya sebuah file html, untuk menjalankan PHP di komputer kita, sebelumnya harus terpasang sebuah program yang berperan sebagai web server yang nantinya melakukan kompilasi script php dan menampilkan hasilnya, salah satunya adalah Apache Web Server.
Cara install php di lingkungan windows
Jika anda bekerja dilingkungan linux, anda bisa langsung install melalui paket aplikasi linux, dan jika anda menggunakan windows, anda bisa menggunakan paket aplikasi XAMPP for Windows yang didalamnya sudah terdapat apache webserver, mysql database dan aplikasi pendukung lainya. XAMPP bisa anda download disini.
Setelah anda download, install XAMPP di drive utama hardisk anda misal c:\xampp, jangan di sub direktori karena bisa mengakibatkan gagalnya installasi. Jika sudah diinstall, buka folder Xampp dan jalankan xampp-control. Nanti akan muncul tampilan seperti berikut :
XAMPP Stop
Aktifkan Svc jika anda ingin menjadikan apache sebagai aplikasi service di windows sehingga apache akan langsung jalan setiap kali masuk windows. Setelah itu tekan tombol start, tunggu beberapa saat sampai status apache menjadi running. Jika gagal running berarti kemungkinan ada kesalahan install atau sudah ada aplikasi web server lainya seperti IIS yang sedang berjalan. Solusinya coba uninstall xampp, cek status IIS di bagian service windows (jika ada distop dulu), kemudian coba intstall kembali dan lakukan langkah seperti sebelumnya. Jika berhasil akan tampil seperti gambar berikut :
XAMPP Start

Setelah itu tekan tombol exit.
Cara menjalankan php
Sekarang bisa kita cek apakah layanan web server sudah berjalan atau belum di komputer kita, caranya : Jalankan browser, bisa mozilla, safari, chroome atau lainya, kemudian ketikkan http://localhost pada bagian address bar dan tekan enter. Jika muncul halaman tidak ditemukan, berarti apache masih gagal dijalankan dan anda harus coba cek kembali.
Sekarang saya akan sedikit kenalkan beberapa folder penting yang terdapat dalam folder xampp. Silahkan anda jalankan windows explorer dan buka folder xampp. Lihat gambar :
Xampp Folder
Didalamnya terdapat banyak folder seperti terlihat digambar. Berikut penjelasan fungsi beberapa folder utama :
  1. Apache : merupakan folder aplikasi apache
  2. htdocs : folder tempat script php anda disimpan. folder ini paling utama dimana semua file yang anda buat baik gambar, css, php dan file lainya harus disimpan.
  3. mysql : folder ini berisi data dan aplikasi mysql yang sering digunakan sebagai database
  4. phpmyadmin : folder aplikasi web yang digunakan untuk mengelola database mysql

0 komentar:

Posting Komentar