Kamis, 15 November 2012

Mengenal control panel di windows



Mengenal control panel di windows
Anda pasti sudah sering mendengar istilah control panel yang digunakan pada banyak aplikasi baik itu dikomputer maupun di internet. Control panel digunakan untuk mengatur sebuah aplikasi baik itu tampilan, peralatan, cara kerja dll. Begitu juga di lingkungan windows, control panel digunakan untuk mengatur sistem windows yang sedang berjalan. Control panel adalah kumpulan jalan pintas untuk mengatur perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam sistem operasi windows.
Contoh pengaturan yang bisa dilakukan melalui control panel windows adalah : mengatur konfigurasi perangkat keras (mouse, keyboard, printer, scanner, kamera), konfigurasi layar/display, konfigurasi sistem seperti bahasa, lokasi, mata uang, konfigurasi program (mengelola daftar aplikasi) dll.
Tampilan Control Panel Windows
Setiap versi windows, control panel dibuat hampir berbeda baik itu tampilannya maupun menu-menu yang disediakan. Hal ini dipengaruhi oleh fitur yang disediakan serta optimalisasi pengunaannya. Berikut tampilan control panel windows beberapa generasi.
Control Panel Windows 3.11
control panel windows 3.11
Jika anda lihat gambar diatas, pilihan menunya sangat minimal karena ini digunakan pada versi awal windows dikembangkan.
Control Panel Windows 95
control panel windows 95
Ada penambahan kira-kira 8 pengaturan dari versi sebelumnya, ini juga didukung dengan tampilan yang lebih baik.
Control Panel Windows 98
control panel windows 98
Sekitar 10 fitur control panel tambahan yang ditanamkan pada windows 98 dibandingkan dengan versi sebelumnya.
Control Panel Windows XP
control panel windows xp
Pada versi windows xp ini, control panel sudah dikelompokkan dalam beberapa kategori karena menu yang ditambahkan sudah banyak perubahan dari versi sebelumnya.
Control Panel Windows 7
control panel windows 7
Secara visual tidak banyak perubahan, masih disajikan dalam kategori walaupun ada beberapa fitur tambahan pada masing-masing ketegori.
Control Panel Windows 8
control panel windows 8
Desain berubah menjadi minimalis, walaupun secara fasilitas ada peningkatan dengan beberapa penambahan.
Menjalankan control panel windows
Cara menjalankan control panel dilingkungan windows hampir sama, yaitu dengan mengklik menu control panel. Yang berbeda hanya letaknya saja. Seperti pada lingkungan windows 95, 98, dan xp, control panel terletak pada start menu, setting, lalu control panel. Sedangkan di lingkungan windows 7 langsung start menu, lalu control panel.

0 komentar:

Posting Komentar